7 Fitur Tersembunyi Whatsapp, Orang-Orang Jarang Tahu

Sebagian besar masyarakat jaman sekarang sudah familiar dengan Whatsapp. Aplikasi ini mulai digunakan saat Android mulai dikenalkan. Tidak lagi melalui SMS, orang-orang bisa bertukar pesan dengan fitur chatting.

Namun, tak semua orang tahu jika WhatsApp memiliki banyak fitur. Bahkan, fitur-fitur tersebut jarang digunakan. Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut beberapa fitur yang bisa dioptimalkan dalam aplikasi Whatsapp.

  • Fitur menelepon lebih dari satu orang

Ingin mengumumkan sesuatu lewat beberapa kontak melalui telepon? Upgrade aplikasi Whatsapp terbarumu terlebih dahulu.

Ketuk fitur Panggilan > Ketuk simbol telepon dengan tanda plus yang ada di pojok kanan bawah >Ketik kontak yang akan ditelepon di fitur pencarian (gambar kaca pembesar bagian atas) > Pilih simbol telepon kontak > tanda arah besar pada bagian tengah (^) > Ketuk tambah peserta.  Jika kontak pertama sudah tersambung, kamu bisa menambah kontak lainnya.  

  • Membuat huruf dicoret, tebal, dan miring

Membuat  italic, bold dan strikethrough  ternyata tidak hanya bisa dilaukan di Microsoft Word saja. Bahkan, Whatsapp saja memiliki fitur ini. Baru tahu kan? Begini cara mengubah teksnya!

Untuk mempertebal kata, tambahkan tanda bintang di kedua sisi kata, misalnya: *tebal*

Untuk memiringkan kata, tambahkan tanda strip bawah di kedua sisi kata, misalnya: _miring_

Jika ingin memberikan kata dengan tanda dicoret, kamu hanya tambahkan tanda ~

Contohnya: ~Coret~

Untuk kombinasi miring dan tebal, bisa diberikan tanda seperti ini. *_miring tebal_*

Agar kata menjadi tebal dan dicoret, maka ketik. *~tebal dicoret~*

Supaya kata bisa ditulis miring dan dicoret,  ketikkan ~_miring dicoret_~

Apalagi ingin dikombinasikan ketiganya menjadi tebal miring dicoret,kamu bisa ketik *~_tebal miring dicoret_~*

  • Mengunci menu chat Whatsapp

Jika kamu tinggal bersama anak kecil, fitur ini sangat penting. Tujuannya, agar mereka tidak bermain tombol chat, caranya sentuh menu Setelan > Privasi > Kunci sidik jari. Dengan begitu, Whatsappmu lebih aman. Tak ada orang yang bisa menggunakan fitur chatmu.

  • Menghentikan unduh otomatis

Ini adalah fitur penting supaya kapasitas kuota hapemu tidak terkuras. Kamu bisa mematikan fitu dengan cara sentuh fitur  Setelan > Penggunaan data dan penyimpanan > Media auto download > Ketuk jenis file yang tidak diunduh secara otomatis. Kamu bisa pilih dokumen, video, foto atau audio. Bisa centang salah satu atau lebih.

  • Menggunakan fitur Pin

Kamu bisa menandai chat seseorang dengan fitur Pin ini. Fitur pin menandakan bahwa kontak atau grup mu menjadi prioritas. Jadi, kontak atau grup yang ditandai berada di posisi teratas dari semua chatting. Tandai seseorang yang hampir setiap hari chat denganmu. Caranya, tahan kontak atau grup yang akan ditandai lalu sentuh tanda pin yang ada di sisi menu atas (gambar pin kertas).

  • Mengubah tampilan WA gelap terang

Kamu pasti bosan dengan tampilan Whatsapp yang itu-itu saja kan? Kamu bisa ubah tampilan menjadi gelap. Caranya, klik titik tiga pada bagian kanan atas > Setelan > Pilih Chat > Pilih Tema> Gelap> Oke. Tampilan Whatsappmu menjadi lebih gelap dengan tulisan putih.

  • Memindahkan Whatsapp ke dalam tampilan PC komputer

Lelah melihat chat di dalam ponsel? Kamu bisa gunakan PC laptop dan komputer. Bukalah link di salah satu browser dengan alamat https://web.whatsapp.com/

Sekarang buka Whatsapp yang ada di hapemu> pilih ikon titik tiga di kanan atas > Pilih perangkat tertaut > Tautkan Perangkat> Scan kode QR yang tampil di layar PC. Lalu,tunggu beberapa detik sampai tampilan Whatsapp-mu muncul di layar PC. Sekarang, kamu bisa chatting dengan jelas.

Nah itu tadi beberapa fitur yang mungkin belum diketahui banyak orang. Mau mencobanya mulai sekarang?