Alat-alat Yang Diperlukan Untuk Belajar Membuat Tipografi

Tipografi

Tipografi merupakan bagian dari kesenian mendesain bentuk huruf. Ilmu ini dibutuhkan untuk membuat bagian desain grafis dari sebuah konten. Agar bentuk tulisan semakin sempurna, kamu harus membutuhkan beberapa alat seperti berikut ini:

Alat-alat ini dibutuhkan dalam membuat tipografi secara manual. Beberapa alat ini bisa kamu gunakan membuat tipografi secara offline, diantaranya:

1 Pensil Kaligrafi

Jika kamu ingin membuat bentuk tulisan kaligrafi, kamu bisa menggunakan pensil khusus untuk membuat kaligrafi. Pensil jenis ini bisa kamu dapatkan di toko stationery dan alat-alat tulis. Dengan menggunakan pensil kaligrafi, kamu tak perlu susah payah mengukir tulisan dengan lama.

2 Bolpoin khusus untuk mempertebal

Selain  pensil, kamu juga bisa menggunkan bolpoin yang bisa digunakan untuk mempertebal. Pilih bolpoin yang mudah digunakan sesuai bentuk tulisan. Beberapa warna bolpon bisa kamu pilih. Jadi, tidak hanya hitam saja.

3 Kertas gambar

Supaya tipografi yang kamu buat bisa dipajang di dinding kamar, beli buku gambar yang sudah disediakan di bukuqu.com. Ada banyak buku gambar lucu yang bisa kamu gunakan untuk latihan tipografi.

4 Penggaris

Siapa bilang penggaris tidak dibutuhkan, penggaris dibutuhkan untuk membat garis-garis semu saat membuat tipografi. Ini agar tulisan tipografi tidak miring sehingga hasil tipografimu lebih simetris dan sempurna.

5 Penghapus karet

Alat penghapus karet ini sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali. Namun, karena tipografi terkadang mengalami kesalahan, kamu harus membutuhkan penghapus jika tercoret.

Selain offline, ada beberapa media online yang bisa digunakan untuk membuat tipografi. Berikut beberapa media atau aplikasi online yang bisa kamu gunakan untuk membuat tulisan terbaik, antara lain:

6 Type Finder

Type Finder merupakan aplikasi untuk mendukung desainer grafis dalam membuat tulisan atau desain lainnya. Kamu bisa pilih jenis huruf sesuai dengan keinginanmu. Font yang digunakan bisa dalam bentuk website dan aplikasi lainnya.

7 Wordmark.it

Jika anda tidak ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa menggunakan website dengan situs wordmark.it Disini, kamu bisa memasukkan kategori font sesuai dengan target yang kamu pilih.

8. Type Wonder

Website ini bisa membantumu dalam membuat font dan desain tertentu. Kamu cukup tuliskan URL pada kotak kecil. Beberapa ratusan font yang bisa kamu pilih untuk merancang  tulisan tertentu.

9 Archetype

Pilih font dari berbagai tipe yang kamu pilih. Beberapa font ini bisa kamu sesuaikan dengan target dan produk yang akan dipasarkan. Kamu bisa mengatur jarak elemen dan huruf. File sketsa tersedia pada website ini. Dibuat dengan beberapa template agar kamu tidak susah payah membuat tulisan lagi.

10 Menggunakan poster maker

Untuk memilih media online pendukung termudah, poster maker merupakan media terbaik untuk laptop, poster dan meme. Tulisan ini juga mendukung dalam membuat produk tertentu seperti makanan, fashion dan juga produk lainnya.

Masih banyak aplikasi dan website lainnya yang mempemudah kamu dalam belajar tipografi seperti Tiff, Canva dan jenis aplikasi lainnya. Jadi, kamu tak perlu susah lagi mencari aplikasi atau website tipografi yang tepat.

Ternyata belajar tipografi tidak sesulit yang kamu bayangkan. Ada beberapa media online yang mendukung rancangan tipografimu. Jadi, tidak ada kata sulit. Meskipun tidak ada seseorang yang mengajarimu, kamu bisa membuat desain tipografimu sendiri.

Kamu sendiri bagaimana? Sejauh mana aplikasi dan alat pembuat tipografi yang sesuai dengan seleramu? Yuk mulai sekarang belajar membuat tipografi dari hal yang gampang.