Cara Memaksimalkan Fitur Marketplace Supaya Daganganmu Laris

Commerce Business Marketing Strategy Finance Concept

Marketplace merupakan fitur facebook yang jarang dimanfaatkan pengguna. Pasalnya, banyak yang menganggap facebook dijadikan ajang update status atau bertukar komentar.

Padahal, facebook memiliki fitur marketplace. Dengan fitur ini, kamu bisa menjual dan membeli aneka kebutuhan. Lalu, bagaiamana ya cara memaksimalkan fitur marketplace? Simak penjelasannya dengan baik ya!

  • Gunakan fitur lokasi secara maksimal

Sebelum menggunakan marketplace, aktifkan GPS ponselmu terlebih dahulu. Dengan begitu, facebook menayangkan dan menyaring produk berdasarkan beberapa aspek, seperti: radius dari lokasimu, mulai dari 10 km sampai 60 km.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan produk terdekat dengan menggunakan marketplace. Mudah kan? Kamu nggak perlu cari tempat jauh-jauh.

  • Fitur pembaruan untuk melihat produk terbaru

Dengan memanfaatkan fitur pembaruan, kamu akan menemukan produk terbaru. Misanya, kamu mencari jenis baju. Melalui fitur ini, kamu akan menemukan jenis baju yang terupdate.

  • Memanfaatkan kategori

Facebook Marketplace memang memiliki peraturan sendiri dalam mengurutkan produk. Kategori bisa kamu temukan pada bagian laman teratas. Selain itu, pengguna juga menggunakan kategori filter. Biasanya, produk yang sudah kamu filter pada bagian terdepan dan teratas.

  • Gunakan kata kunci atau keyword di judul

Kamu harus bisa menggunakan kata kunci yang sesuai dengan produk, contohnya “Blazer ukuran M” atau “Celana Chino.” Kata kunci itu bisa kamu tulis di kolom pencarian. Nah, untuk mempersingkat pencarian, kamu bisa tambahkan kata kunci tersebut.

  • Cari rekomendasi kata kunci yang tepat

Jika berniat menjual produkmu, cara kata kunci rekomendasi yang tepat. Misalnya saat anda mengetiknya di kolom pencarian. Sedangkan kata-kata yang direkomendasikan cemilan keripik singkong. Kamu pun bisa menambahkan keyword dengan kata lain, misalnya: Keripik Singkong Keju, Keriping Singkong Ayam Panggang.

  • Posting produksi di berbeda lokasi

Tidak hanya kategori saja, kamu bisa mengisi titik lokasi. Untuk memaksimalkan produkmu, kamu bisa membedakan titik lokasi tersebut. Misalnya saja,lokasi bajumu di lokasi Kota Malang. Kamu berikan titik lokasi yang berbeda, contoh: lokasinya di Kelurahan Dinoyo dan Kelurahan Sumbersari. Pembeli akan melihat seolah-olah tokonya  berbeda, padahal satu produk.

  • Ambil foto produk yang berbeda sisi dengan kategori berdekatan

Karena marketplace meminta kategori relevan, ini bisa menjadi kesempatan yang bagus. Kamu bisa memposting produk sama. Tapi ambil foto yang berbeda. Bukan hanya foto, berilah deskripsi dan kartakter yang berbeda.

Selanjutnya, tambahkan kategori yang berbeda agar bisa post lebih dari satu kali. Misalnya saja, kategori makanan pada postingan pertama. Di postingan kedua, bisa diisi dengan kategori produk grosir. Untuk menampilkan produk lebih dari satu bisa kamu andalkan dengan cara seperti itu.

  • Membuat akun lebih dari satu

Cara ini tidak salah kok selama tidak merugikan konsumen. Untuk mengembangkan produkmu, kamu bisa membuat akun lain. Misalnya akun pertama, Chandra Galerry. Kamu juga bisa membuat akun berikutnya dengan naman Aksesesoris Chan.

Namun, kamu juga harus konsisten dalam membuat akun lebih dari satu. Jangan sampai akun yang satunya terbengkalai.

  • Setiap Minggu, posting produk yang sama sekali saja

Selanjutnya, tipsa yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui waktu yang tepat. Kamu bisa mempsotingnya tiap sabtu dan minggu. Untuk waktunya, kamu bisa mempostingnya setiap pagi dan malam. Salah satu keunggulan cara ini adalah produkmu tayang . Di beberapa kategori, produkmu akan muncul.

Facebook tetap tidak menyarankan cara ini. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan memodifikasi deskripsi dan foto menjadi sedemikian rupa.

Sudah ada rencana mau jual produkmu di Marketplace? Ayo gaskan sekarang!