Seberapa pentingnya buku catatan? Walaupun sudah memasuki era digital, buku catatan masih saja dibutuhkan. Tidak hanya remaja dan anak sekolah saja. Profesi-profesi ini membutuhkan buku catatan.

1 Jurnalis

Seorang jurnalis tak lepas dari kegiatan menulis. Banyak jadwal topik berita yang akan dicatat. Oleh karen itu, jurnalis membutuhkan buku catatan. Jurnalis bisanya menggunakan buku catatan untuk berbagai hal.

Tidak hanya menulis jadwal informasi. Jurnalis juga membutuhkan catatan. Dengan adanya buku catatan, jurnalis bisa menulis sumber berita, ide dam topik. Dari catatan tersebut, jurnalis menulisnya ke dalam website, radio dan televisi.

2 Copywriter Iklan

Kamu pasti pernah tertarik dengan iklan karena konsep tulisannya? Bahkan, tulisan tersebut terngiang-ngiang dalam pikiranmu.  Ini semua karena ada sosok copywriter dibelakangnya.

Membuat tulisan copywriting tidaklah mudah. Copywriter harus merencanakan ide, kata kunci dan kata-kata menarik. Mereka biasanya menulisanya lewat buku catatan. Setelah itu, mereka mengembangkannya lewat bahasa iklan.

Buku catatan menjadi alat utama. Catatan menjadi draft untuk membuat slogan banner, jingle radio, iklan sosial media dan media iklan lainnya,

3 Blog Traveller

Ternyata buku catatan juga diperlukan traveller lho. Kalau kamu berniat jadi blog traveller, buku catatan wajib punya. Kamu bisa pilih buku catatan kesukaanmu lewat bukuqu.com.

Beberapa hal yang perlu dicatat saat melakukan perjalanan. Buku catatan harus merekam semua informasi tentang akomodasi perjalanan, tempat-tempat menarik, biaya yang dibutuhkan selama perjalanan serta jadwal tempat yang perlu dikunjungi.

4 Penulis Skenario

Penulis skenario selalu berkaitan dengan kegiatan catat-mencatat. Meskipun banyak aplikasi catatan, buku catatan selalu menjadi pegangan utama. Seorang penulis skenario harus bisa merekam semua ide yang runtut.

Selain itu, pemilihan plot cerita juga harus dicatat. Pentingnya mencatat semuda ide, tokoh dan plot cerita dalam buku catatan. Cara ini dilakukan agar tidak lupa saat ide dikembangkan menjadi naskah utuh.

5 Guru dan dosen

Guru dan dosen tak lepas dari materi bahan ajar. Jadwal mengajar yang padat. Selain itu, banyak kelas yang akan dibimbing. Dengan kondisi seperti itu, dosen harus pandai mengatur jadwal. Materi yang disampaikannya pun juga berbeda setiap kelas.

Agar tidak sampai lupa, dosen dan guru biasanya membutuhkan buku catatan. Buku catatan diaplikasikan sendiri-sendiri sesuai dengan jadwal dan materi. Itulah alasannya guru dan dosen membutuhkan buku catatan.

6 Asisten manajer

Asisten manajer membutuhkan catatan untuk menentukan jadwal manager. Tidak semua jadwal bisa diingat dengan baik. Itulah aalsannya asisten manajer membutuhkan buku catatan.

Selain jadwal manager, asisten manajer juga membuat laporan-laporan tertentu. Laporan tersebut biasanya diperoleh dari informasi buku catatan yang ada.

7 Penulis Pidato

Kelihatannya pekerjaan ini tidak begitu dibutuhkan. Tapi, kenyataannya pekerjaan ini banyak dicari tokoh politisi. Banyak tokoh penting yang menggunakan jasa penulis pidato.

Menjadi penulis pidato tidak hanya bermodalkan ijazah dan pengetahuan saja. Kamu juga harus bisa menulis pidato secara persuasif. Selain itu, tulisan pidato harus terencana dengan matang.

Dengan begitu, penulis pidato tak lepas dari buku catatan. Biasanya buku catatan berisikan ide pidato yang akan disampaikan. Jadwal pidato juga harus tercatat dalam buku. Buku catatan sangat penting agar penulis pidato lebih siap dengan informasi yang ada.

Ternyata, catatan digital saja tidak cukup untuk merekam informasi. Profesi-profesi tersebut tetap membutuhkan buku catatan. Catatan dibutuhkan saat perubahan kondisi tiba-tiba terjadi.

Dari semua profesi tersebut, apa pekerjaanmu juga membutuhkan buku catatan? Intinya, catatan itu penting agar kamu tidak lupa dengan tugas pekerjaanmu.