Lebih Efektif Pakai Buku Tulis atau WritingTablet ?

Buku tulis vs tablet

Di era digital, fungsi benda lebih mengutamakan sisi praktis dan fleksibel. Salah satunya buku tulis. Meskipun buku tulis masih digunakan, fitur digital lebih sering dipakai. Ini karena buku elektronik dinilai lebih praktis dan fleksibel. Lalu, lebih efektif mana antara buku tulis atau Writing Tablet?

Kelebihan Menggunakan Buku Tulis

Meskipun era digital semakin berkembang, sensasi menggunakan buku tulis jelas membawa suasana tersendiri. Mengingat susasana jaman dulu, beginilah kelebihan buku tulis yang bisa dirasakan,diantaranya:

  • Keamanan terjaga

Menulis di buku jauh lebih aman. Kamu bisa menyimpan bukumu lebih aman. Disamping itu, kamu bisa meletakkan buku di tempat rahasia jika itu penting.

  • Buku tulis lebih lucu dan bervariasi

Cover-cover buku tulis cenderung menarik. Koleksi buku tulis yang menarik dan lucu bisa kamu temukan di bukuqu.com. Kamu akan menemukan buku tulis yang sangat menarik di website tersebut. Pilih buku tulis favoritmu!

  • Semua kalangan bisa menggunakannya

Semua kalangan bisa menggunakan buku tulis. Bahkan, seorang lanjut usia bisa menggunakan sebagai media menulis diary atau cerita.

Kelemahan menggunakan buku tulis

Bagaimanapun juga, penggunaan buku tulis juga memiliki kelemahan antara lain:

  • Risiko kehilangan catatan

Jika kamu tidak bisa menyimpan buku tulis dengan baik, kemungkinan catatan pentingmu.

  • Risiko basah, sobek dan kotor

Apabila kamu meletakkan buku tulis dengan ceroboh, bukumu bisa jadi basah, robek atau kotor. Jadi, catatanmu bisa rusak.

  • Tidak bisa tahan lama

Jika disimpan terlalu lama, buku tulismu bisa jadi hancur. Disebabkan karena rayap, kertas buku tulis bisa jadi hancur tak bersisa. Jika ingin lebih awet, kamu bisa letakkan kapur barus di dekatnya.

Keunggulan dan kelebihan Writing Tablet dibandingkan Buku Tulis

Writing Tablet merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk menulis dan menggambar layaknya papan tulis. Seperti pen sungguhan,Writing Tablet juga menawarkan layanan tebal tipisnya pena. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk bahan presentasi.

Keunggulan Writing Tablet

Dibandingkan dengan buku tulis, Writing Tablet memiliki keunggulan antara lain:

  • Lebih fleksibel dan efisien

Writing Tablet lebih efisien dan fleksibel daripada buku tulis. Selain bentuknya yang portable bisa dibawa kemana-mana, kamu hanya cukup membawa satu alat saja untuk pergi ke sekolah atau kampus.

  • Bisa menyimpan banyak catatan dan tahan lama

Satu Writing Tablet bisa menyimpan banyak catatan. Jadi, kamu tidak perlu membawa banyak buku catatan. Selain itu, perangkat ini bisa menyimpan catatan dalam jangka waktu yang lebih lama dari buku tulis.

  • Aman dari serangga dan debu

Penggunaan Writing Tablet juga dijamin aman dari debu dan serangga.

Sisi kekurangan WritingTablet dibandingkan dengan Buku Tulis

Selain memiliki kelebihan pada Writing Tablet, perangkat ini juga memiliki kelemahan dibandingkan dengan buku tulis, diantaranya:

  • Risiko data hilang sekaligus

Jika kamu menggunakan buku tulis, catatan yang hilang kemungkinan hanya beberapa lembar karena sobek atau rusak. Berbeda dengan Writing Tablet, data akan hilang sekaligus karena virus atau kerusakan elektronik.

  • Risiko rusak jika tidak hati-hati

Writing Tablet akan rusak jika kamu tidak menggunakannya secara hati-hati. Risiko ini hampir serupa dengan buku tulis.

  • Keamanan kurang terjaga

Semua catatan yang kamu buat di perangkat elektronik bisa saja bocor. Writing Tablet tidak memiliki password khusus untuk mengunci semua catatanmu. Berbeda dengan buku tulis, kamu bisa menyimpan sendiri dengan aman.

Dari penjelasan diatas, Writing Tablet memang lebih efisien dari buku tulis. Namun, suasana menulis di buku tulis terkesan lebih berbeda dan menyenangkan daripada Writing Tablet.

Jika kebutuhanmu hanya untuk menulis diary, buku tulis lebih cocok. Tapi, untuk hal presentasi kantor dan kerjaan yang membutuhkan deadline, Writing Tablet lebih efisien.