Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah,  peralatan stationery jadi kebutuhan sehari-hari. Namun, perlu kamu tahu kalau jenis-jenis peralatan stationery ini sangat banyak. Bahkan, ada beberapa stationery yang mungkin baru diketahui. Penasaran sama properti apa saja? Berikut beberapa tools dan perlengkapan stationery yang jarang tahu.

  • Sticky Note untuk catatan penting

Untuk menandai catatanmu, tak perlu repot mencari kertas warna. Kamu bisa memberikan sticky note. Kertas ini semacam stiker kecil berwarna-warni. Ada berbagai macam warna yang bisa kamu pilih. Ukuran sticky note ini tergolong kecil. Seperti sobekan dari selotip. Bisanya, stiker ini difungsikan untuk menandai catatan. Selanjutnya, bisa kamu tulis di kertas tersebut satu per satu.

  • Hole Punch untuk melubangi kertas

Alat ini biasanya digunakan untuk melubangi beberapa kertas. Bagi kamu yang ingin mengisi binder, alat ini butuh banget. Seperti stapler tapi berfungsi untuk melubangi kertas. Jadi, kamu bisa melubangi kertas sesuai dengan lubang yang ada di bindermu.

  • Kebutuhan kertas ramah lingkungan untuk perlengkapan stationery

Kebutuhan kertas memang menjadi perlengkapan pokok bagi dunia kampus dan sekolah. Namun, sampah kertas sering kali menimbulkan tumpukan limbah. Hal ini tentunya mengakibatkan pencemaran pada lingkungan dan makhluk hidup.

Pilihlah kertas ramah lingkungan yang sudah memiliki sertifikat PSC. Jenis kertas ini hanya bisa kamu temukan di bukuqu.com. Jadi, kamu produk kertas ini sangat cocok bagi kamu. Selain banyak variannya, kertas pada notebook juga aman.

  • Cairan Pengoreksi

Pada umumnya, banyak yang menyebut alat ini sebagai Type-X. Padahal nama itu adalah sebuah brand. Cairan ini biasanya digunakan untuk menghapus coretan tulisan dari bolpoin.

Namun, pengoreksi bolpoin sekarang tidak hanya bentuk cair. Ada juga yang diproduksi dalam bentuk kertas. Biasanya kemasannya mirip dengan selotip. Banyak yang lebih memilih jenis ini karena tidak mengotori meja.

  • Paper Clip – Pengikat Kertas

Ukuran paper clip sangat kecil. Kamu tidak bisa membeli per biji di toko stationery. Fungsi alat pengapit kecil ini untuk menyatukan beberapa dokumen. Jika dokumenmu tidak ingin dilubangi dengan stapler, kamu bisa menggunakan alat ini.

Mayoritas bentuk paper clip ini mirip dengan lipatan besi kecil. Namun, seiring berkembangnya zaman, ada banyak paper clip yang diproduksi dengan kemasan warna. Bahkan, ada yang terbuat dari plastik. Paper klip plastik ini diproduksi agar tidak menodai kertas. Ini karena bahan logam bisa  berkarat dan mengotori kertas.

  • Penjepit Kertas

Berbeda dengan paper klip, penjepit ini bentuknya hampir seperti penjepit baju. Pegangan penjepit kertas bisa diturunkan dan dibuka. Buat dokumenmu yang menumpuk sangat banyak, penjepit kertas lebih cocok daripada paper clip.

Ukuran penjepit kertas pun juga bermacam-macam. Jika dokumenmu banyak dan berukuran besar, kamu bisa gunakan alat stationery ini.

  • Folder- untuk menyimpan dokumen

Folder tidak sama dengan stopmap ya! Stopmap berbentuk seukuran buku yang digunakan untuk menyelipkn beberapa dokumen. Sedangkan folder berupa kotak dengan ruangan yang cukup besar. Jadi, kamu bisa menyimpan beberapa dokumen dalam satu tempat folder.

Seperti dalam aplikasi PC Komputer, folder ini juga memiliki fungsi yang sama. Kamu juga bisa menyimpan file dokumen menjadi satu kan? Folder digunakan untuk dokumen berkapasitas besar, seperti kantor administrasi. Jika kamu seorang admin, folder sangat cocok untuk mengarispkan semua dokumenmu.

Masih banyak lagi perlengkapan stationery yang perlu kamu tahu. Coba deh jalan-jalan ke toko ATK untuk sekedar melihat-lihat!